Thursday 16 April 2015

Pulau Lombok – Kesempurnaan Penciptaan Alam


Sobat Indonesia Travelers,
Pulau Lombok yang berada di dalam wilayah administratif Propinsi Nusa Tenggara Barat merupakan pulau dengan ragam flora dan fauna yang unik dan berada transisi garis imajiner Wallace yang membedakan kawasan Indonesia Barat dan Timur. Keindahan alamnya pun tak perlu dipertanyakan lagi meliputi pantai, gunung, kepulauan dan bawah lautnya.


Pantai-pantai di Lombok dengan garis pantai yang rata-rata panjang Merupakan pantai
yang mengahadap samudera Hindia dengan deburan ombak dan jajaran bebatuan karangnya, beberapa pantai di wilayah ini merupakan spot surfing bagi wisatawan yang umumnya dari manca.  Sedangkan pantai-pantai di wilayah Barat yang berada di kawasan Senggigi ke utara merupakan jajaran pantai-pantai indah berpasir putih dengan garis pantai nan panjang, hutan kelapa tepi pantai merupakan kekhasan beberapa pantai diwilayah ini seperti di area Coco Beach yang bias di saksikan dari Puncak Malimbu. Wisata laut dapat dilakukan di tiga Gili yang berada di sisi Barat Pulau Lombok dengan menyeberang dari pelabuhan Bangsal. Aktivitas menikmati kehidupan bawah laut (snorkeling dan diving) dan eksplorasi pulau-pulau di tiga gili yang masih alami merupakan pengalaman yang tentunya tak kan terlupakan.

Sobat Indonesia Travelers, Landskap Lombok yang bergunung-gunung merupakan eksotisme tersendiri, misalnya dari Puncak Malimbu wisatawan dapat menyaksikan keindahan garis pantai Lombok di bagian Barat, Gunung Rinjani dan sekaligus kepulauan tiga Gili: Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Keindahan kaki Rinjani yang menawan dapat dieksplorasi dengan mengunjungi air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep di Desa Senaru yang juga merupakan pintu masuk menuju kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Pun keindahan dan keasrian hutannya seperti hutan wisata Baun Pusuk yang dihuni banyak kera layak dieksplorasi.

Pulau-pulau Gili disebut sebagai Mutiara-mutiara di tengah samudra yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Mno, dan Gili Air dan kini disingkat dengan sebutan Gili TraMenA, tiga pulau karang yang sangat indah dikelilingi oleh pasir putih dan lambaian pohon-pohon lontar, bertengger di atas kilauan samudra diwilayah barat daya Lombok. Selama bertahun-tahun pulau-pulau Gili menarik perhatian pengunjung dari berbagai belahan dunia karena kemurnian airnya, tempat penyelaman dan snorkeling yang menakjubkan dan berbaring di pantai. Bahkan, Lonely Planet Travel Guide yang sangat populer telah menempatkan pulau-pulau Gili pada urutan ke dua sebagai lokasi kunjungan wisata terbesar di dunia pada 2011. Kata “Gili” berarti “Pulau Kecil” dan para wisatawan menyebutnya sebagai Gilis” sudah dianggap menyamakan ketenaran pantai-pantai selatan di Thailand dan India.


Sobat Indonesia Travelers, Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dan terjauh dari Pulau Lombok, tapi mudah dicapai dalam waktu kurang dari 1 jam dengan menggunakan kapal-kapal kecil setempat dan hanya 10 menit menggunakan speedboat. Trawangan merupakan pulau yang tersohor diantara 3 Gili, dengan reputasinya sebagai “pulau hura-hura”, yang menggambarkan bahwa sebagian besar bar dan restoran menawarkan berbagai macam hiburan, hal ini dianggap sebagai kesalahpahaman terhadap situasi dan kondisi Trawangan yang indah.


Gili Air adalah pulau terdekat dari Pulau Lombok dan termudah untuk sampai disana. Pulau ini terpadat penduduknya  mengkombinasi keindahan pulau tropis mudahnya berinteraksi dengan penduduk dan budaya setempat menjadikan Lombok terkesan spesial. Pulau-pulau Gili mudah dicapai dari Pulau Lombok, baik dengan menggunakan kapal angkutan umum maupun angkutan khusus sewa. Hotel-hotel besar memberikan pelayanan berupa kapal cepat untuk angkutan tamu.
 
Sobat Indonesia Travelers, Akses menuju Lombok dapat ditempuh dengan dua moda transportasi yaitu udara melalui Bandar udara Ampenan, Mataram dan Bandara Internasional Lombok Praya dan melalui laut dengan menyeberang ke Pelabuhan Lembar yang bisa di tempuh dari Pelabuhan Padang Bai di Bali.

Berikut adalah beberapa rute untuk mencapai Wisata Gili buat Sobat Indonesia Travelers,

Dari Bali: Dengan menggunakan pelayanan kapal cepat merupakan pilihan yang tepat, melayani angkutan langsung dari Bali ke Gili Trawangan.

Dari Pelabuhan Bangsal: Pelabuhan Bangsal adalah sebuah pelabuhan kecil di wilayah pantai barat daya 40 menit dari Senggigi. Angkutan umum berangkat secara reguler ke 3 Gili¸ dan angkutan khusus sewa  juga ada dengan tarip lebih mahal melalui tawar menawar dengan pemilik kapal.

Dari Senggigi: Ada banyak pusat informasi pariwisata di Senggigi yang menawarkan jasa angkutan ke Gili, langsung dijemput di hotel.
Ada hotel-hotel kecil dan rumah-rumah sederhana di pinggir pantai menawarkan penginapan bagi mereka yang mencari kedamaian di tengah pancaran hangatnya sinar matahari.

TIPS WISATA EXPLORE LOMBOK–GILI

  1. Waktu terbaik Explore Lombok - Gili adalah bulan Maret - November pada setiap tahunnya.ak ingin mengunakan paket wisata, dianjurkan untuk menyewa motor atau mobil karena transportasi umum menuju tempat–tempat wisata di Lombok masih jarang.
  2. Jika tidak mengambil paket wisata, maka tentukan dahulu tempat–tempat wisata yang akan dikunjungi di pulau Lombok.
  3. Disarankan untuk cek jadwal penyebrangan kapal ke Gili terlebih dahulu sebelum menyebrang ke Pulau Gili Trawangan / Gili Meno atau Gili Air.
  4. Bawalah obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga jika merasa kurang sehat pada saat perjalanan ataupun tour.
  5. Bawalah sunblock / lotion anti uv untuk mencegah kulit kering atau pecah–pecah karena sinar matahari pada saat snorkeling di Pulau Gili Trawangan / Gili Meno atau Gili Air
  6. Bawalah kamera underwater untuk mengabadikan foto–foto bawah air pada saat snorkeling atau pun diving.
  7. Disarankan untuk membawa tas ransel atau travel bag untuk memudahkan perjalanan
  8. Disarankan untuk memakai sandal gunung atau pun sepatu trekking untuk memudahkan perjalanan jika anda berkunjung di lereng Gunung Rinjani.


Potensi Wisata Lombok Lainnya:

Kecamatan Pemenang

  • Gili Tramena (Trawangan, Meno, Air): Alam/Pantai
  • Goa Jepang Gili Trawangan
  • Hutan Wisata Pusuk
  • Pantai Malimbu
  • Teluk Nara
Kecamatan Tanjung
  • Pantai Sire
  • Alam/Pantai
  • Arung Jeram Tengak Pekatan

 Kecamatan Gangga

  • Pantai Kerakas
  • Dusun Selelos
  • Air Terjun Kerta Raharja
  • Air Terjun Tiu Pupus
  • Pantai Lempenge
  • Pantai Montong  Pal

 Kecamatan  Kayangan

  • Air Terjun Tiu Teja
  • Air Terjun Sesait
  • Masjid Kuno Sesait

 Kecamatan Bayan

  • Air Terjun Sindang Gila
  • Air Terjun Tiu Kelep
  • Air Terjun Torean
  • Masjid Kuno Bayan Beleq
  • Desa Tradisional Senaru
  • Desa Tradisional Segenter
  • Taman Nasional Gunung Rinjani
  • Pantai Tanjung Menangis
  • Padang Golf
  • Dam Keru
Selamat Menikmati,
Salam Sobat Indonesia Travelers,
Irwan Hermantria

Location: Lombok, Indonesia

2 comments:

  1. lengkap infonya, untuk snorkeling di gili air itu tarifnya brp yaa?

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    ReplyDelete
  2. Paket sewa snorkling berkisar 75 ribu hingga 150 ribu...

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

About Me

My photo
Dear Sobat Netizens, Aku terlahir di sebuah kampung kecil bernama SUNGAYANG yang berada di Sumatera Barat yg identik dengan Suku Minang, Minang memiliki ikon kerajaan berupa Istana Pagaruyung. Tak Jauh dari istana itulah aku dibesarkan dengan kearifan lokal yang sangat kental. Dan aku Bangga sebagai Orang MINANG. Beberapa perjalanan panjangku dalam mengarungi hidup membuat aku tertarik untuk berbagi di dalam blog ini.